Bab 1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Membaca telah menjadi bagian dari
kehidupan setiap orang, baik bagi anak-anak, pelajar, mahasiswa, orang dewasa,
dan tidak menutup kemungkinan bagi para manula. Membaca merupakan salah satu
bagian penting dalam proses belajar, dengan membaca maka akan banyak
pengetahuan dan informasi yang didapatkan. Semenjak usia dini, anak-anak sudah
dibiasakan untuk membaca, mulai dari TK, SD, SMP, SMA bahkan hingga Perguruan
Tinggi, semua mengharuskan para siswa dan mahasiswanya untuk banyak belajar
melalui membaca, hal tersebut yang membuat kebutuhan terhadap buku semakin
meningkat setiap harinya.
Seiring
dengan terus meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku atau bahan
pustaka, berbagai industri penerbitan dan percetakan pun mulai bersaing untuk
menerbitkan buku yang berkualitas. Kondisi tersebut menciptakan peluang usaha
bagi para distributor buku, karena membaca telah menjadi bagian vital bagi
setiap orang, tidak terbatas usia. Membaca bukan suatu trend yang
hanya booming pada suatu waktu tertentu, namun merupakan hal
yang terus-menerus menjadi bagian dari masyarakat, sehingga kemudian banyak
muncul berbagai toko buku di sekitar masyarakat yang mencoba memenuhi kebutuhan
pasar terhadap buku atau bahan pustaka.
Di era globalisasi ini,kebutuhan
akan buku sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa semakin dirasakan. Buku
sebagai sumber ilmu sangat diperlukan keberadaannya. Oleh karena itu
perkembangan toko buku yang ada saat ini menjadi semakin pesat untuk mampu
mencukupi kebutuhan konsumen. Keberhasilan perusahaan mendapatkan konsumen
ditentukan oleh hubungan baik yang dijalin dengan konsumen. Hubungan baik akan
tercipta apabila perusahaan memberikan kepuasan kepada setiap konsumen terhadap
kebutuhan dan keinginannya. Untuk itu kami kami membahas tentang Gramedia untuk
memperkenalkan kepada kalian semua.
1.2 Tujuan
•
Mengenal
lebih jauh mengenai Gramedia.
•
Mempublikasikan
pentingnya Gramedia bagi pembaca.
1.3 Rumusan
Masalah
- Bagaimana sejarah Gramedia?
- Mengapa Gramedia sangat menarik perhatian masyarakat?
- Apa strategi Gramedia sehingga bisa selaris sekarang?
Bab 2
Pembahasan
2.1 Gambaran Umum Gramedia
Gramedia Asri
Media adalah anak perusahaan Kompas
Gramedia yang menyediakan jaringan toko buku dengan nama Toko Buku
Gramedia di beberapa kota di Indonesia dan Malaysia. Gramedia didirikan oleh P.K Ojong (alm) dan Jakob Oetama dengan sebuah visi yang
jelas, yaitu mereka ingin berpartisipasi dalam pengembangan intelektual agar
masyarakat Indonesia dapat meningkatkan kesejahteraan dan masa depannya. Perusahaan
ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1970 dengan diawali Dari sebuah toko
buku kecil berukuran 25 m2, yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat,
Toko Buku Gramedia sampai dengan akhir tahun 2010 telah tumbuh dan berkembang
menjadi 94 toko buku Gramedia, Rumah Buku sebanyak 2 buah, Gramedia Book
International sebanyak 1 buah, Trimedia sebanyak 3 buah, yang seluruhnya
tersebar di Indonesia bahkan manca negara. Mengantisipasi perkembangan ilmu dan
teknologi, Toko Buku Gramedia membentuk 'Gramedia Online'.
Semula - pada saat berdiri, toko buku
Gramedia hanya menawarkan buku. Namun saat ini ragam produknya sudah semakin
berkembang, antara lain : stationery, fancy, peralatan kantor, peralatan
olahraga, dan produk berteknologi tinggi seperti CD-ROM, audio-video book, dan
berbagai produk lain.
Penerbit
intern KKG, seperti : Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Gramedia
Widya Sarana, Bhuana Ilmu Populer, dan Penerbit Gramedia Majalah.
•
Selain
menyediakan buku, Toko Buku Gramedia juga menyediakan berbagai produk lain
seperti alat tulis, perlengkapan kantor, alat olahraga, dll.
•
Perusahaan
ini bekerja sama dengan penerbit-penerbit buku baik dalam maupun luar
negeri. Dari kelompok usahanya sendiri, pemasok ke Toko Buku Gramedia antara
lain adalah Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Gramedia
Widya Sarana, Bhuana Ilmu Populer, dan Gramedia Majalah, sementara
dari luar negeri misalnya Prentice Hall, McGraw Hill, Addison
Wesley, dll.
2.2
Kelebihan Gramedia
Ada
banyak kelebihan toko buku ini, dibandingkan dengan toko buku yang juga banyak
tersebar di kota kita. Kelebihan inilah yang mampu membuatnya berkembang
sedemikian pesat sehingga cabang dari toko buku ini tersebar di berbagai kota
Indonesia.
Kelebihan-kelebihan
tersebut adalah sebagai berikut:
- Terletak di pusat kota dan di
berbagai pusat perbelanjaan sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat luas
dengan mudah.
- Telah tersebar di berbagai kota
di Indonesia, bukan hanya di pulau Jawa.
- Menjual aneka jenis buku dari
berbagai penerbit.
- Menjual juga ATK, diperboleh
membaca sebelum membeli, bisa menjadi tujuan para pelajar mencari suasana
baru yang berbeda.
- Menyediakan layanan kerja sama
berupa pameran buku dengan sekolah-sekolah.
- Pelayanan penjualannya sangat
baik, membantu kita ketika kita mengalami kesulitan dalam mencari buku.
- Senantiasa menyediakan katalog,
judul buku, penerbit, pengarang dan harganya disediakan atau di website.
- Sering menjadi sponsor jika ada
suatu event terutama event-event yang berhubungan dengan buku dan
pendidikan.
2.3 Strategi
Pemasaran Gramedia Bookstore
Strategi
pemasaran pada Toko Buku Gramedia meliputi empat bauran yaitu, produk, harga,
distribusi dan promosi. Penerapan strategi produk pada Toko Buku Gramedia dilakukan merlalui diversivikasi dan
diferensiasi produk yang dimiliki. Selain itu, pengadaan produk, proses
produksi dan display produk juga menjadi bagian dalam strategi produk yang
dilakukan oleh Toko Buku Gramedia.
Penerapan strategi harga pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui
faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga suatu produk. Jenis-jenis harga
yang digunakan, metode serta penetapan harga juga menjadi bagian dalam
penetapan harga pada toko buku ini.
Penerapan strategi distribusi pada Toko Buku Gramedia dimulai dari lokasi pendirian perusahaan yang strategis berada di pusat kota. Sedangkan saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi tidak langsung dan saluran distribusi langsung.
Penerapan strategi promosi pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui media promosi periklanan berupa pemasangan spanduk dan pembagian brosur, promosi penjualan melalui diskon, bursa buku murah, dan kupon berhadiah. Sedangkan media promosi penjualan pribadi dan publisitas berupa promo happy hour, persentasi tidak langsung terhadap konsumen.
Penerapan strategi distribusi pada Toko Buku Gramedia dimulai dari lokasi pendirian perusahaan yang strategis berada di pusat kota. Sedangkan saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi tidak langsung dan saluran distribusi langsung.
Penerapan strategi promosi pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui media promosi periklanan berupa pemasangan spanduk dan pembagian brosur, promosi penjualan melalui diskon, bursa buku murah, dan kupon berhadiah. Sedangkan media promosi penjualan pribadi dan publisitas berupa promo happy hour, persentasi tidak langsung terhadap konsumen.
Bab 3
Penutup
3.1
Kesimpulan
Gramedia
Asri Media adalah anak perusahaan Kompas Gramedia yang
menyediakan jaringan toko buku dengan nama Toko Buku Gramedia di
beberapa kota di Indonesia dan Malaysia. Gramedia itu sendiri
memiliki fungsi yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap buku atau
bahan pustaka.Gramedia
juga memiliki kelebihan maupun kekurangan,namun Gramedia berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas produknya dan tidak
hanya menawarkan produk .
3.2 Saran
Ø Alangkah baiknya jika setiap jenis
buku diberikan satu buah buku sebagai media untuk memperkenalkan buku itu
kepada para pembaca.
Ø Sebaiknya para pekerja Gramedia dapat
melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh(tidak mengobrol saat jam kerja
ataupun lebih ramah lagi kepada para pembaca/konsumen)
Ø Dan untuk para pembaca/pengunjung Gramedia
Bookstore sebaiknya saat setelah membaca dikembalikan ke tempat asalnya dengan
baik dan sesuai klasifikasi yang telah diatur.
1 komentar
Nice Info Jangan lupa kunjungi http://skripsisurabaya.blogspot.co.id/
Posting Komentar