Diberdayakan oleh Blogger.

Anda pengunjung ke

Followers

Translate

Sabtu, 23 Agustus 2014

Contoh Laporan Observasi Gramedia bookstore





Bab 1
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
          Membaca telah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang, baik bagi anak-anak, pelajar, mahasiswa, orang dewasa, dan tidak menutup kemungkinan bagi para manula. Membaca merupakan salah satu bagian penting dalam proses belajar, dengan membaca maka akan banyak pengetahuan dan informasi yang didapatkan. Semenjak usia dini, anak-anak sudah dibiasakan untuk membaca, mulai dari TK, SD, SMP, SMA bahkan hingga Perguruan Tinggi, semua mengharuskan para siswa dan mahasiswanya untuk banyak belajar melalui membaca, hal tersebut yang membuat kebutuhan terhadap buku semakin meningkat setiap harinya.
            Seiring dengan terus meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku atau bahan pustaka, berbagai industri penerbitan dan percetakan pun mulai bersaing untuk menerbitkan buku yang berkualitas. Kondisi tersebut menciptakan peluang usaha bagi para distributor buku, karena membaca telah menjadi bagian vital bagi setiap orang, tidak terbatas usia. Membaca bukan suatu trend yang hanya booming pada suatu waktu tertentu, namun merupakan hal yang terus-menerus menjadi bagian dari masyarakat, sehingga kemudian banyak muncul berbagai toko buku di sekitar masyarakat yang mencoba memenuhi kebutuhan pasar terhadap buku atau bahan pustaka.
            Di era globalisasi ini,kebutuhan akan buku sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa semakin dirasakan. Buku sebagai sumber ilmu sangat diperlukan keberadaannya. Oleh karena itu perkembangan toko buku yang ada saat ini menjadi semakin pesat untuk mampu mencukupi kebutuhan konsumen. Keberhasilan perusahaan mendapatkan konsumen ditentukan oleh hubungan baik yang dijalin dengan konsumen. Hubungan baik akan tercipta apabila perusahaan memberikan kepuasan kepada setiap konsumen terhadap kebutuhan dan keinginannya. Untuk itu kami kami membahas tentang Gramedia untuk memperkenalkan kepada kalian semua.



1.2 Tujuan
      Mengenal lebih jauh mengenai Gramedia.
      Mempublikasikan pentingnya Gramedia bagi pembaca.


1.3 Rumusan Masalah
  1. Bagaimana sejarah Gramedia?
  2. Mengapa Gramedia sangat menarik perhatian masyarakat?
  3. Apa strategi Gramedia sehingga bisa selaris sekarang?


Bab 2
Pembahasan

2.1 Gambaran Umum Gramedia
            Gramedia Asri Media adalah anak perusahaan Kompas Gramedia yang menyediakan jaringan toko buku dengan nama Toko Buku Gramedia di beberapa kota di Indonesia dan Malaysia. Gramedia didirikan oleh P.K Ojong (alm) dan Jakob Oetama dengan sebuah visi yang jelas, yaitu mereka ingin berpartisipasi dalam pengembangan intelektual agar masyarakat Indonesia dapat meningkatkan kesejahteraan dan masa depannya. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1970 dengan diawali Dari sebuah toko buku kecil berukuran 25 m2, yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat, Toko Buku Gramedia sampai dengan akhir tahun 2010 telah tumbuh dan berkembang menjadi 94 toko buku Gramedia, Rumah Buku sebanyak 2 buah, Gramedia Book International sebanyak 1 buah, Trimedia sebanyak 3 buah, yang seluruhnya tersebar di Indonesia bahkan manca negara. Mengantisipasi perkembangan ilmu dan teknologi, Toko Buku Gramedia membentuk 'Gramedia Online'.
            Semula - pada saat berdiri, toko buku Gramedia hanya menawarkan buku. Namun saat ini ragam produknya sudah semakin berkembang, antara lain : stationery, fancy, peralatan kantor, peralatan olahraga, dan produk berteknologi tinggi seperti CD-ROM, audio-video book, dan berbagai produk lain.
            Penerbit intern KKG, seperti : Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Gramedia Widya Sarana, Bhuana Ilmu Populer, dan Penerbit Gramedia Majalah.
      Selain menyediakan buku, Toko Buku Gramedia juga menyediakan berbagai produk lain seperti alat tulis, perlengkapan kantor, alat olahraga, dll.
      Perusahaan ini bekerja sama dengan penerbit-penerbit buku baik dalam maupun luar negeri. Dari kelompok usahanya sendiri, pemasok ke Toko Buku Gramedia antara lain adalah Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Gramedia Widya Sarana, Bhuana Ilmu Populer, dan Gramedia Majalah, sementara dari luar negeri misalnya Prentice Hall, McGraw Hill, Addison Wesley, dll.
  



2.2 Kelebihan Gramedia
            Ada banyak kelebihan toko buku ini, dibandingkan dengan toko buku yang juga banyak tersebar di kota kita. Kelebihan inilah yang mampu membuatnya berkembang sedemikian pesat sehingga cabang dari toko buku ini tersebar di berbagai kota Indonesia.
Kelebihan-kelebihan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Terletak di pusat kota dan di berbagai pusat perbelanjaan sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat luas dengan mudah.
  2. Telah tersebar di berbagai kota di Indonesia, bukan hanya di pulau Jawa.
  3. Menjual aneka jenis buku dari berbagai penerbit.
  4. Menjual juga ATK, diperboleh membaca sebelum membeli, bisa menjadi tujuan para pelajar mencari suasana baru yang berbeda.
  5. Menyediakan layanan kerja sama berupa pameran buku dengan sekolah-sekolah.
  6. Pelayanan penjualannya sangat baik, membantu kita ketika kita mengalami kesulitan dalam mencari buku.
  7. Senantiasa menyediakan katalog, judul buku, penerbit, pengarang dan harganya disediakan atau di website.
  8. Sering menjadi sponsor jika ada suatu event terutama event-event yang berhubungan dengan buku dan pendidikan.

2.3 Strategi Pemasaran Gramedia Bookstore
          Strategi pemasaran pada Toko Buku Gramedia meliputi empat bauran yaitu, produk, harga, distribusi dan promosi. Penerapan strategi produk pada Toko Buku Gramedia  dilakukan merlalui diversivikasi dan diferensiasi produk yang dimiliki. Selain itu, pengadaan produk, proses produksi dan display produk juga menjadi bagian dalam strategi produk yang dilakukan oleh Toko Buku Gramedia. 
    Penerapan strategi harga pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga suatu produk. Jenis-jenis harga yang digunakan, metode serta penetapan harga juga menjadi bagian dalam penetapan harga pada toko buku ini.

            Penerapan strategi distribusi pada Toko Buku Gramedia dimulai dari lokasi pendirian perusahaan yang strategis berada di pusat kota. Sedangkan saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi tidak langsung dan saluran distribusi langsung.

             Penerapan strategi promosi pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui media promosi periklanan berupa pemasangan spanduk dan pembagian brosur, promosi penjualan melalui diskon, bursa buku murah, dan kupon berhadiah. Sedangkan media promosi penjualan pribadi dan publisitas berupa promo happy hour, persentasi tidak langsung terhadap konsumen.



Bab 3
Penutup


3.1 Kesimpulan

            Gramedia Asri Media adalah anak perusahaan Kompas Gramedia yang menyediakan jaringan toko buku dengan nama Toko Buku Gramedia di beberapa kota di Indonesia dan Malaysia. Gramedia itu sendiri memiliki fungsi yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap buku atau bahan pustaka.Gramedia juga memiliki kelebihan maupun kekurangan,namun Gramedia berusaha untuk  selalu meningkatkan kualitas produknya dan tidak hanya menawarkan produk .



3.2  Saran

Ø  Alangkah baiknya jika setiap jenis buku diberikan satu buah buku sebagai media untuk memperkenalkan buku itu kepada para pembaca.

Ø  Sebaiknya para pekerja Gramedia dapat melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh(tidak mengobrol saat jam kerja ataupun lebih ramah lagi kepada para pembaca/konsumen)

Ø  Dan untuk para pembaca/pengunjung Gramedia Bookstore sebaiknya saat setelah membaca dikembalikan ke tempat asalnya dengan baik dan sesuai klasifikasi yang telah diatur.


1 komentar

Sewa Laptop 10 Desember 2015 pukul 23.16

Nice Info Jangan lupa kunjungi http://skripsisurabaya.blogspot.co.id/

Posting Komentar

coba klik di kotak hamster nanti akan turun makanannya..keren kan?

Ini lebih keren:))