Diberdayakan oleh Blogger.

Anda pengunjung ke

Followers

Translate

Rabu, 03 Oktober 2012

Contoh resensi buku pengetahuan


Resensi Buku Pengetahuan

Judul         : Lindungi Kami
Penulis      : Aang Athorida
Penerbit    : PT Intimedia CiptaNusantara
Halaman   : x + 100 Halaman
Cetakan     : Ke – 1 , Desember 2009
ISBN            : 978-979-056-038-3

            Kepunahan setidaknya 500 spesies hewan telah disebabkan oleh manusia, kebanyakan kepunahan hewan-hewan tersebut terjadi di abad ini. Sekarang masih sekitar 5.000 hewan langka dan paling tidak satu spesies mati setiap tahun. Jumlah tersebut terus berkembang pesat dimana beberapa spesies menjadi terancam tanpa kita ketahui. Buku ini membahas sekaligus mengingatkan kita kembali bahwa telah banyak hewan-hewan yang tidak kita pikirkan nasibnya. Sesuai judul buku ini “ Lindungi Kami “ disini penulis seakan-akan menggambarkan yang ingin dikatakan hewan-hewan yang terancam punah tersebut.
            Di halaman pertama kita bisa mendapat pengetahuan tentang satwa liar di Indonesia serta alasan mengapa Indonesia memiliki beragam fauna. Berbeda dengan buku lain, buku ini memiliki keunggulan tersendiri karena penulis benar-benar berusaha untuk membuat hati pembaca senang dan memahami isi buku terbukti dengan isi buku ini yang begitu detail yang disertai gambar dan disusun rapi  juga permainan warna yang begitu indah. Mengapa buku ini disebut detail? Itu karena penulis bukan hanya menuliskan macam-macam hewan yang terancam punah tetapi penulis menuliskan berbagai spesies/jenisnya, ciri-ciri, habitatnya, mengapa dia musnah juga keistimewaan masing-masing binatang yang akan terancam punah tersebut.
            Sayangnya dalam pembahasan satwa Pulusan, penulis hanya menuliskan 2 kalimat saja dan itu sama sekali tidak terlalu berarti. (halaman 7) Mungkin penulis tidak memiliki informasi lebih tentang satwa Pulusan. Tapi kekurangan itu tidaklah begitu berarti karena kelebihan dari buku ini sangat banyak. Dan satu lagi kelebihannya yaitu disetiap halaman terdapat background yang benar-benar menarik penglihatan mata kita.  Tidak lupa juga dengan alur cerita dan gaya bahasa yang disuguhkannya mampu dikemas begitu apik. Di setiap pembahasan penulis dengan cerdas menggambarkan karakteristik dan deskripsi yang begitu kuat pada tiap karakternya.

2 komentar

Unknown 3 Oktober 2012 pukul 02.22

semoga bermanfaat ya:)

Unknown 27 Oktober 2013 pukul 19.19

semangat,,, saling berbagi untuk menjadi pribadi yang baik.,,,,,, oke,,

Posting Komentar

coba klik di kotak hamster nanti akan turun makanannya..keren kan?

Ini lebih keren:))