Diberdayakan oleh Blogger.

Anda pengunjung ke

Followers

Translate

Rabu, 03 Oktober 2012

Proses pembuahan(Fertilisasi)


Proses Pembuahan Atau Fertilisasi

Pembuahan adalah proses peleburan antara satu sel sperma dan satu sel ovum yang sudah matang. Proses pembuahan ini terjadi di bagian saluran Tuba Fallopi yang paling lebar. Sebelum terjadi poses pembuahan, terjadi beberapa proses sebagai berikut.
            Ovum yang telah masuk akan keluar dari ovarium. Proses tersebut dinamakan ovulasi. Ovum yang telah masak tersebut akan masuk ke saluran tuba Fallopi. Jutaan sperma harus berjalan dari vagina menuju uterus dan masuk ke saluran tuba Fallopi. Dalam perjalanan itu, kebanyakan sperma dihancurkan oleh mukus (lendir) asa di dalam uterus dan saluran Fallopi. Di antara beberapa sel sperma yang bertahan hidup, hanya satu yang masuk menembus membran ovum. Setelah terjadi pembuahan, membran ovum segera mengeras untuk mencegah sel sperma lain masuk.Hasil pembuahan adalah zigot. Lalu zigot bergerak menuju rahim dan kemudian mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Jika ovum yang sudah masak tidak dibuahi oleh sperma, jaringan penyusun dinding rahim yang telah menebal dan mengandung banyak pembuluh darah akan rusak dan luruh/runtuh. Bersama-sama dengan ovum yang tidak dibuahi, jaringan tersebut dikeluarkan dari tubuh lewat vagina dalam proses yang disebut
menstruasi (haid).
            Bersamaan dengan terjadinya pematangan ovum, sel-sel dinding rahim tumbuh menebal dan banyak pembuluh darah sehingga pada saat zigot dating dan menempel tidak terjadi gangguan. Pematangan ovum dan penebalan dinding rahim dipengaruhi hormon esterogen dan progesterone. Dan di rahim embrio akan berkembang selama 9 bulan untuk menjadi bayi.

0 komentar

Poskan Komentar

coba klik di kotak hamster nanti akan turun makanannya..keren kan?

Ini lebih keren:))

Share It

Ada kesalahan di dalam gadget ini