Diberdayakan oleh Blogger.

Anda pengunjung ke

Followers

Translate

Rabu, 03 Oktober 2012

Kelangsungan hidup makluk hidup ( seleksi alam)



Seleksi alam adalah suatu teori bahwa mahluk hidup yang tidak bisa beradaptasi dengan linkungannya, lama kelamaan akan punah.
Darwin menyatakan teori Survival of the Fittest, "bahwa individu yang memiliki sifat yang paling sesuai dengan linkungan tertentu akan bertahan hidup dan mampu melanjutkan keturunannya." Jadi seleksi alam adalah daya pendorong yang mendukung proses evolusi.
Evolusi adalah proses perubahan akibat seleksi alam sedikit demi sedikit yang berlangsung dalam waktu yang lama. Bukti adanya evolusi yaitu fosil. Fosil adalah sisa-sisa tubuh mahluk hidup yang sudah membatu dalam puluh ribuan tahun. 
Seleksi alam berlangsung karena beberapa faktor :
  • Kompetisi
  • Predasi, hewan pemangsa dan hewan dimangsa
  • Simbiosis, Interaksi antara 2 species
  • Seleksi Seksual, penurunan sifat dari generasi ke generasi melalui perkawinan

 Sebab dari seleksi alam :
1. Punahnya species tertentu
Karena adanya seleksi alam maka individu yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan akan mati dan akhirnya punah. Seperti, Punahnya dinosaurus.
Punahnya dinosaurus menurut para ahli, disebabkan karena jatuhnya meteorit raksasa ke bumi, yang menghamburkan awan debu sehingga menghalangi masuknya sinar matahari. Tanpa adanya sinar matahari, tumbuhan akan mati. Dan dinosaurus pemakan tumbuhan akan punah, dan diikuti oleh dinosaurus pemakan daging.


2. Terbentuknya Species Baru
  • Menurut Charles Robert Darwin, bahwa :
  1. Species yang hidup sekarang , berasal dari species yang hidup di masa silam
  2. Evolusi terjadi karena seleksi alam
Pendapat ini didukung dengan pengamatannya tentang macam-macam burung Finch yang hidup di kepulauan Galapagos. Menurut Darwin, bahwa nenek moyang burung Finch di kepualauan Galapagos berasal dari Amerika Selatan. Oleh karena suatu hal, burung Finch harus berpindah ke kupulauan Galapagos. Di kepulauan tersebut para burung Finch berpencar dalam berbagai lingkungan yang berbeda. Sehingga terjadi adaptasi dengan tempat tersebut secara turun temurun dan akhirnya terbentuk species burung Finch yang banyak.

0 komentar

Posting Komentar

coba klik di kotak hamster nanti akan turun makanannya..keren kan?

Ini lebih keren:))